BlackBerry
Blackberry adalah device yang sama dengan handphone lain, bisa menjalankan fungsi dasar untuk telepon dan sms, yang membedakannya hanyalah Operating System pada handphone blackberry merupakan Operating System (OS) berbasis Java buatan RIM (vendor Blackberry).

Blackberry jika tanpa berlangganan servis Blackberry, tentu hanya handphone biasa yang bahkan bikin pusing, karena menunya tidak seenak handphone ber-OS symbian misalnya, namun jika blackberry telah diaktifkan dengan layanan blackberry operator anda, blackberry menjadi killer device untuk ber-internet ria, terutama email.


koneksi memang blackberry device juga bisa menggunakan GPRS dan 3G (seri tertentu, setahu saya baru 8707), namun bedanya adalah, jika pada device lain untuk menarik email ke inbox kita harus dilakukan secara manual (PULL teknology) atau jikapun ada kita harus menginstall 3rd party software sementara dengan blackberry, email muncul tanpa ‘diundang’ eh maksudnya ditarik, seperti pengiriman SMS, email di blackberry akan muncul beberapa saat setelah dikirimkan oleh pengirim ke blackberry kita – bahasa kerennya menggunakan teknologi PUSH.(push mail)

Saat ini, layanan blackberry baru tersedia oleh vendor telko GSM (belum ada yang CDMA di indonesia), yaitu Telkomsel, Indosat dan XL.

untuk telkomsel, mereka menawarkan paket 20Mb/bulan dengan biaya Rp 150.000,00 dengan kelebihan diatas 20Mb akan dikenakan biaya tambahan per-Kb-nya.

untuk indosat, mereka menawarkan paket 100Mb/bulan dengan biaya Rp 200.000,00 dengan kelebihan diatas 100Mb akan dikenakan biaya tambahan per-Kb-nya.

untuk XL, mereka menawarkan paket 50Mb/bulan dengan biaya Rp 199.999,00 dengan kelebihan diatas 50Mb (untuk koneksi blackberry sebagai modem) akan dikenakan biaya tambahan per-Kb-nya.

XL adalah satu-satunya vendor yang menyediakan bandwidth unlimited untuk koneksi internet/email via jalur RIM blackberry, sementara indosat dan telkomsel koneksi internet/email via jalur RIM blakcberry sama dengan besaran paket yang diberikan (20 Mb dan 100Mb)

Kelemahan XL cuma 1, area covered XL belum seluas Indosat dan Telkomsel, jadi buat anda yang mobile ke area luar pulau jawa, mungkin akan lebih baik memilih diluar XL.

iPhone 3G
AN FRANSISCO, SENIN - Apple akhirnya merilis iPhone generasi kedua yang telah mendukung jaringan 3G dan HSDPA (high speed downlink packet access). Bahkan, smartphone yang mengandalkan layar sentuh sebagai platform utama ini akan tersedia dengan harga lebih murah daripada versi pertama.

"iPhone dimulai dengan 599 dollar AS. Sekarang dijual 399 dollar AS. Kami ingin membuatnya lebih terjangkau," ujar Steve Jobs, CEO Apple saat meluncurkan iPhone baru pada Apple's Worldwide Developers Conference di San Fransisco, AS, Senin (9/6) waktu setempat. Ia mengatakan demikian karena menurutnya harga merupakan alasan utama konsumen tidak membeli iPhone generasi pertama.

iPhone generasi kedua yang diperkenalkan sebagai iPhone 3G ini akan tersedia mulai 11 Juli 2008 di 22 negara dan akan terus bertambah hingga 70 negara. Apple memberikan dua pilihan, masing-masing model dengan media penyimpan 8 GB seharga 199 dollar AS dan model dengan 16 GB seharga 299 dollar AS.

Tidak hanya murah. iPhone terbaru juga dilengkapi sistem navigasi GPS yang sudah dilengkapi aplikasi layanan berbasis lokasi (location based services) melalui jaringan seluler. Jobs mengatakan dengan 3G, iPhone dapat digunakan untuk mengunduh konten melalui Internet hingga tiga kali lebih cepat daripada versi sebelumnya.

iPhone versi pertama banyak dikritik karena hanya mendukung jaringan 2G. Menjawab keluhan tersebut, Jobs mengatakan saat iPhone didesain pertama kali, chip yang dapat digunakan pada jaringan berkecepatan tinggi berukuran terlalu besar dan menghabiskan daya besar. Apple akhirnya memutuskan untuk menunggu sampai teknologi chip baru sesuai dengan desain iPhone yang ramping.source: kompas


Jadi mpilih yang mana antara BlackBerry dan iPhone 3G?



Jangan ketinggalan ama yang lain, baca juga dunk yang ini :



These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati